Sukses Komunikasi dalam Karier!

Keterlampilan komunikasi yang baik menjadi penunjang sukses dalam berkarier.
Connie Podesta dan Jean Gats dalam buku yang berjudul Sukses Berbicara Dengan Siapa Saja bahwa gaya komunikasi yang efektif dapat membantu mencapai keberhasilan dalam setiap karier. Jadi bila tidak ingin karier terancam hanya karena dianggap bersikap kelewat batas, maka jabalah cara pergaulan Anda.

Berkomunikasi dengan atasan!
Salah satu kunci sukses komunikasi dalam karier adalah Anda harus menyadari adanya batasan yang berlaku terutama dengan atasan. Berikut kunci sukses dengan atasan.
F Hindari cara mengutarakan sesuatu seolah-olah kedudukan Anda setingkat.
F Ingatlah bahwa keakraban ada batasanya saat berada dilingkungan kerja.
F Hindari pembicaraan yang terlalu pribadi.
F Biarkan atasan mengendalikan pembicaraan, Anda harus bisa mengantisipasinya.
F Sesuaikan selera humor, hindari cerita yang dapat menghina atasan.

Berkomunikasi dengan rekan kerja!
Mulailah memahami karakter rekan kerja Anda. Komunikasi yang lancar dengan rekan kerja dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Berikut ini tips suksesnya.
F Beri pujian pada rekan kerja atas apa yang telah mereka lakukan.
F Akui keberadaannya dan hargai kerja kerasnya.
F Sampaikan permintaan tolong Anda dengan sopan tanpa terkesan memerintah.
F Bersikaplah fleksibel, cobalah berempati dengan perasaan dan keadaan rekan kerja.
F Sampaikan kritik Anda dengan baik.
F Berbesar hatilah untuk mengakui kesalahan yang Anda buat
(sumber: simPati zone newsletter, Edisi ke-, hlm. 26)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar